Mie Lethek Dinobatkan Sebagai Mie Terjelek di Dunia Versi Business Insider

Wecome Transadvocacynetwork di Portal Ini!

Trans Advocacy Network – Secara umum kehadiran mie instan memang menambah nafsu makan seseorang. Namun ternyata tidak untuk mie asal Indonesia yang satu ini. Mie Lethek Dinobatkan Sebagai Mie Terjelek di Dunia Versi Business Insider

Karena tampilannya yang kurang elegan dan menyenangkan, mie lathek akhir-akhir ini menjadi pusat perhatian. Faktanya, saking jeleknya, banyak media asing yang menyebutnya sebagai mie paling jelek di dunia. Seperti apa itu? Yuk baca artikel lengkapnya di bawah ini.

Apa itu Mie Lethek?

Mie stik merupakan makanan yang umum di wilayah Bantul, Yogyakarta. Mie jenis ini terbuat dari kombinasi tepung tapioka dan tepung singkong. Berbeda dari biasanya, mie jenis ini bentuknya agak mirip bihun atau bihun.

Mie litik juga memiliki tekstur yang kenyal dan berwarna coklat karena penggunaan tepung singkong dalam proses produksinya. Mi Lithak yang berasal dari Bantul, Yogyakarta dikenal sebagai mie paling jelek di dunia. Di bawah ini adalah alasan mengapa mie Lathek mempunyai reputasi buruk di seluruh dunia. 60 Ide Wallpaper Layar Kunci Kata-kata Lucu, Bikin Tampilan Gawai Menarik

Karena monolitik itu buruk di dunia

Melalui penyelidikan, tim Business Insider akhirnya bisa mengunjungi salah satu rumah produksi mie Lithic. Setelah sampai di rumah produksi untuk membuat mie litik, mereka terkesima dengan proses produksi tradisional yang menggunakan tenaga sapi.

Tak hanya itu, hasil akhir mie litik yang dianggap kering dan berubah warna menjadi putih setelah dimasak menjadi salah satu penyebab mie jenis ini mendapat reputasi buruk.

Itu sebabnya Business Insider menjuluki saya Lithic sebagai “mie paling jelek di dunia”. Jadi bisa dibilang, Business Insider menyoroti pembuatan mie lateks yang hasilnya dianggap jelek dan lambat.

Secara harafiah masyarakat Bantul menyebut mie ini dengan sebutan ‘litik’ yang artinya jorok atau jorok. Sekadar informasi, dibutuhkan waktu berhari-hari untuk menggiling tepung, membentuknya, mengeringkannya, membentuknya menjadi mie dan memasaknya hingga menjadi mie litik.

Mie litik bukanlah mie instan biasa yang dapat dengan mudah dikerjakan di pabrik besar. Humas Pemda DIY sendiri menyatakan, warna kering pada mie lathak tersebut disebabkan penggunaan tepung singkong. Jus singkong yang dimasak dan diolah tidak menggelapkan dan mencerahkan warna adonan.

Tak hanya itu, menurut salah satu sumber, cara pembuatan mie litik ini telah dipertahankan selama lebih dari 2 ribu tahun.

Uniknya proses pembuatan mie litik juga menggunakan tenaga kerbau atau sapi, dan proses menumbuk mie dilakukan secara bertahap hingga padat dan halus.

Terlihat dalam video yang diunggah akun tik tok @i.yusuf.k, di bawah ini adalah proses pembuatan mie litik, selain cara pembuatannya unik juga membutuhkan waktu yang lama dalam pembuatannya.

Respon jaringan

Penilaian terhadap Mie Lathek ini pun langsung menuai beragam reaksi dari warganet.

“Ada cerita sedih di balik terciptanya masakan bernama mie litik, jadi mohon untuk tidak berkomentar sinis atau sebaliknya,” tulis salah satu akun warganet. Mie Lethek Dinobatkan Sebagai Mie Terjelek di Dunia Versi Business Insider

“Mie lathic tercipta karena krisis pangan dan ekonomi saat itu, jadi kalian semua pasti tahu,” sahut yang lain.

“Lathik artinya menyimpang, jorok, jorok,” tulis warganet. “Buat kalian yang komen, pernah mencicipinya? Coba deh, bumbunya enak banget. Dijamin ketagihan, jangan sampai terkecoh dengan pemandangannya,” tulis warganet lain.

“Jangan menilai buku dari sampulnya, itu lucu,” tulis yang lain.

“Mereka menjualnya bukan untuk mendapatkan gelar, tapi untuk keseharian mereknya. Jadi biarlah masyarakat yang memutuskan bagaimana,” kata warganet.

“Bukan seperti itu, wah.” Disebut paling jelek karena namanya diambil dari Latakia. Business Insider tidak pernah memberi peringkat atau memberi judul pada koleksi mie jelek,” tulis yang lain. 4 K-Pop Idol Kecanduan Sambal Indonesia, Ada yang Ketagihan Hingga Tambah Lagi. Salah satu masakan khas Indonesia yang disukai hampir semua orang adalah sambal. Faktanya, sambal seringkali menjadi hidangan penting. Bebek juga suka sambal. Trans Advocacy Network 9 Desember 2023