Prabowo Sentil RI Masih Kekurangan Dokter, ‘Sekrisis’ Apa? Cek Faktanya

Wecome Transadvocacynetwork di Website Kami!

Jakarta – Prabowo Sentil RI Masih Kekurangan Dokter, ‘Sekrisis’ Apa? Cek Faktanya

Jika terpilih, Prabowo Subianto akan mempercepat produksi dokter dengan membuka lebih banyak pusat kesehatan di Indonesia. 92 Keterampilan Penyembuhan ke 300 FK. Aktor Namkoong Won Meninggal Pasca Berjuang Lawan Kanker Paru

Pernyataan calon presiden nomor urut 02 tidak sepenuhnya benar. Mengacu pada angka ideal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yaitu satu dokter per seribu orang dengan kondisi saat ini di Indonesia, kekurangannya ‘hanya 90 ribu’ karena saat ini terdapat lebih dari 180.000 dokter umum.

Dr. Adib Khumaidi, Ketua Eksekutif Ikatan Dokter Indonesia (IDI), menegaskan kembali bahwa pemerintah telah menambah 15 FK dalam persyaratan tersebut, yang dianggap cukup untuk meningkatkan ‘bagian’ sumber daya manusia institusi kesehatan dalam tiga tahun ke depan. bertahun-tahun

“Nah, kalau kita bicara produksi, kita bicara tes dulu, jadi kita butuh dokter sebanyak itu di seluruh wilayah NKRI? Kalau kita bicara 270.000 dokter dengan 270 juta penduduk, sebenarnya kita hanya membutuhkan 90 ribu saja. momen., Bukan 140 ribu, “tegasnya saat ditemui detikcom di gedung Transmedia, Minggu (4/2/2024).

“Tetapi kita akan melihat pertumbuhan jumlah penduduk dari waktu ke waktu, pertumbuhan jumlah penduduk yang bergelar 92 FK kita mempunyai 12 ribu mahasiswa setahun, kalau kita tambah 15 setahun kita bisa meningkat menjadi sekitar 14 ribu setahun dan nomor 92 dan 15 FK. Kita sudah bisa “menjawab kebutuhan dokter dalam tiga tahun ke depan,” tambahnya.

Adib kemudian menyinggung persoalan lain, menurutnya alih-alih fokus pada produksi dokter, masing-masing calon tidak boleh berdampak pada strategi manajemen tenaga kesehatan, distribusi dokter, bahkan kesejahteraan dokter saat dikirim ke pelosok. daerah.

Berikutnya: IDI dan Kemenkes komentari 300 FK Prabowo Sentil RI Masih Kekurangan Dokter, ‘Sekrisis’ Apa? Cek Faktanya

(naf/naf)